Blogger Widgets

Kamis, 16 Oktober 2014

artikel bila manusia hidup tanpa kebudayaan

                                      BILA MANUSIA HIDUP TANPA KEBUDAYAAN

Kebudayaan adalah sesuatu yang tidak bisa dipisahkan dengan kehidupan manusia. Karena kebudayaan itu sendiri lahir sejak adanya manusia.Di mana manusia itu hidup pasti ada sebuah peradaban dan setiap peradaban itu pasti memiliki kebudayaan dengan ciri tersendiri.
Selo Soemardjan dan Soelaeman Soemardi mengungkapkan bahwa kebudayaan adalah semua hasil karya, rasa dan cipta masyarakat. Namun yang dimaksud 'hasil' tersebut tidaklah hanya berupa benda-benda atau artefak. Melaikan juga ideologi,gagasan, gaya hidup,dan semua yang berkaitan dengan hidup manusia.

Namun pernahkah kita bayangkan bagaimana bila manusia hidup tanpa kebudayaan? Mungkin kehidupan manusia akan statis dan mungkin juga akan kacaubalau. Hal itu dikarenakan manusia tidak bisa hidup tanpa kebudayaan. Sebab hal terkecil dalam kehidupan manusiapun adalah hasil dari kebudayaan. Kebudayaan itu juga dapat berbeda-beda, biasanya tergantung pada daerahnya masing-masing. Juga kebutuhan untuk memenuhi hidup sehari-hari. Seperti aktivitas yang dilakukan manusia, contohnya cara makan.

Cara makan juga merupakan hasil kebudayaan, yaitu yang berupa tindakan. Cara makan pun mencakup apa yang kita makan dan tingkah laku atau sopan santun saat sedang makan.
Misalnya, makanan yang biasa disantap orang pribumi berbeda dengan yang biasa di santap orang barat. Orang pribumi terbiasa makan dengan nasi, sedangkan orang barat cenderung jarang makan dengan nasi.

Dan dalam budaya barat terdapat tata cara makan tersendiri atau biasa disebut table manner. Meski sekarang table manner tersebut telah dipergunakan hampir di seluruh dunia termasuk di Indonesia.
Table manner di Indonesia paling sering diterapkan di restoran-restoran yang berbintang dan terkenal. Table manner ala barat tersebut contohnya seperti susunan peralatan makan di meja makan. Biasanya disusun sesuai urutan hidangan yang disajikan.

Selain cara makan contoh kebudayaan lain yang paling umum adalah budaya berpakaian. Seperti di Indonesia yang memiliki banyak pakaian adat daerah. Antara lain kebaya dan songket. Dan yang paling terkenal adalah pakaian batik. Selain itu dalam berpakaian kita juga harus memperhatikan norma yang dianut oleh masyarakat setempat. Apakah pakaian yang kita kenakan dianggap pantas menurut pandangan masyarakat dan norma yang berlaku. Antara lain adalah budaya berpakaian umat muslim. Dimana orang muslim haruslah menutup auratnya dan tidak mengenakan pakaian yang ketat atau transparan.

Pakaian yang dikenakan manusia pun terus berubah seiring perkembangan zaman. Atau biasa kita sebut dengan mode berpakaian. Umumnya manusia berpakaian sesuai dengan mode tersebut.
Di berbagai belahan dunia ini juga banyak terdapat kebudayaan berupa artefak atau bisa disebut peningalan sejarah.Di Indonesia ini juga terdapat peninggalan sejarah yang berupa artefak tersebut. Seperti candi-candi, rumah adat daerah, alat musik tradisonal dan lain-lain. Contoh lain yaitu seperti yang terdapat di Mesir berupa ratusan piramid  makam para firaun atau bangunan-bangunan kuil megah dan berseni tinggi peninggalan kebudayaan Yunani.

Hal-hal tersebut hanyalah sebagian kecil dari kebudayaan yang ada dan dibutuhkan dalam kehidupan manusia.Entah bagaimana kehidupan manusia bila tidak ada budaya. Karena kebudayaan tersebut adalah bagaimana manusia mempertahankan hidupnya di bumi ini.Mungkin jika tidak ada budaya, manusia sudah punah sejak pertama kali eksistensinya diciptakan di dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar